Download/print this article in PDF format

Hemat Pengeluaran, Yuk! Produk Skincare Ini Tidak Perlu Dibeli


Ada banyak sekali rangkaian produk perawatan kecantikan yang dijual bebas di pasaran. Munculnya ragam produk demi produk mungkin akan membuahkan pertanyaan tersendiri: apakah aku benar-benar membutuhkan semua produk tersebut? Jawabannya, tidak. Variasi produk yang beredar sebagian hanyalah sebuah tindakan bisnis. Tidak semua rangkaian produk skincare yang mereka klaim patut anda gunakan benar-benar anda butuhkan. Sebab kulit anda, khususnya wajah, sebenarnya membutuhkan aplikasi produk seminimal mungkin. Apalagi beberapa dari rangkaian produk yang diciptakan tersebut tak hanya bersifat komplementer, namun dapat menggantikan dan memenuhi fungsinya sekaligus. Maka demi kebaikan kulit dan finansial anda, penggunaan beberapa produk berikut bisa anda pertimbangkan.

Produk Skincare

Produk Scincare Yang Tidak Perlu Dibeli

Toner

Produk toner sebagian besar selalu berbasis alkohol. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kondisi kulit bila digunakan secara terus-menerus dan menyebabkan kulit kering. Di sisi lain, toner adalah produk skincare yang biasa disertakan untuk dipakai setelah susu atau krim pembersih untuk membersihkan sisa yang masih menempel. Membilas wajah dengan air sebenarnya juga dapat memenuhi fungsi toner dalam posisi tersebut. Namun jika anda tetap memilih untuk memakai toner, pilihlah kandungan yang aman dan bebas alkohol khususnya bagi yang berkulit sensitif.

 

Lip Scrub

Eksfoliasi ‘ekstra’ pada bibir sebetulnya hanya dibutuhkan bagi yang memiliki bibir kering dalam taraf parah. Pada kondisi normal, kulit bibir akan selalu melakukan regenerasi secara alami dan anda hanya perlu menyiapkan handuk yang dibasahi air hangat untuk menuntaskannya. Selain itu, anda juga bisa membuat lip scrub dari bahan-bahan alami yang lebih murah yakni dari gula pasir dan madu.

 

Masker atau pelembab kaki

Kulit di bagian punggung kaki memang wajar bila cenderung lebih kasar dan gelap. Namun, bukan berarti untuk merawatnya diperlukan produk khusus. Anda tetap bisa menggunakan produk lulur, scrub, pelembab kulit yang dipakai sehari-hari untuk mengatasinya. Tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan bagian kulit kaki saja. Selain itu, memakai pelembab di bagian kaki setiap hendak tidur dan merendam kaki dalam air hangat bercampur garam dan minyak esensial beberapa kali dalam seminggu juga sudah sangat membantu.

 

Facial mist

Produk skincare yang rupanya juga masih laris di pasaran adalah penyegar wajah dalam bentuk semprot. Meski mengaku memberikan nutrisi tersendiri, sebenarnya fungsi dari facial mist sudah dapat dipenuhi oleh produk pelembab wajah anda sehari-hari. Ada baiknya anda beralih ke pemakaian serum daripada produk ini. Namun jika anda amat menyukai sensasi dari produk sejenis, anda bisa membeli botol spray steril dan mengisinya dengan air seduhan teh hijau dan menyimpannya di dalam kulkas.

 

Krim leher

Tidak mengherankan bila kondisi leher seseorang tampak lebih gelap atau belang dengan bagian wajahnya. Namun, bukan berarti anda butuh melakukan perawatan dengan menggunakan krim leher. Itu adalah suatu bentuk pemborosan. Pada dasarnya, kulit leher anda hanya membutuhkan apa yang anda berikan pada kulit wajah. Ya, perawatan bagi kulit wajah dan leher memang tak ada beda. Alih-alih membeli produk khusus, ada baiknya anda mulai menerapkan masker dan pelembab untuk wajah ke bagian leher pula.

Baca juga artikel ini: efek samping produk kecantikan

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *