Download/print this article in PDF format

Manfaat Nanas untuk Menurunkan Berat Badan 3


dietbody.info – Manfaat Nanas untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Nanas untuk Menurunkan Berat Badan

Buah nanas yang lezat dan manis kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat memberi ketahanan tubuh untuk melawan demam dan flu dll. Nanas juga berfungsi sebagai antioksidan. Jika anda sangat suka ngemil namun tidak ingin gemuk. nanas cocok untuk dikonsumsi karena buah ini mengandung banyak serat. Ini akan membuat perut anda sibuk untuk sementara waktu. Nanas juga mengandung beberapa rahasia yang dapat bermanfaat bagi program penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa Manfaat Nanas untuk Menurunkan Berat Badan.

 

Serat

Terdapat 2 jenis serat makanan yaitu larut dan tidak larut. “Serat larut” yaitu yang dapat larut dalam air, dan membentuk gel yang dapat membantu memperlambat pencernaan. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan karena proses pencernaan lebih lambat berarti dibutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk mengolah makanan yang telah dimakan. Sehingga akan merasa lebih kenyang untuk waktu yang jauh lebih lama. “Serat tidak larut” yaitu serat yang tidak larut dalam air. Sebagai gantinya, ia menambah jumlah besar pada tinja dan membantu makanan melewati sistem pencernaan, yang akan melindungi dari sembelit.

100g nanas mengandung 1 gram serat, yang setara dengan 6% RDA serat untuk dikonsumsi individu 2000 kalori per hari. Rata-rata nanas memiliki berat sekitar 900g, yang berarti setengah nanas dapat memberi dorongan besar pada kadar serat anda.

Sebagian besar serat dalam nanas tidak larut sehingga tidak secara langsung membantu penurunan berat badan, namun semua bentuk serat akan membantu membuat tubuh terasa lebih kenyang, yang sangat baik bagi siapa saja yang mencoba menurunkan berat badan.

 

Kandungan air

Satu nanas terdiri dari sekitar 86% air, yang dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang hanya dengan sedikit kalori. Makanan yang memiliki sedikit kalori merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan karena konsumsi secara berlebihan tidak diperlukan. Kandungan air yang tinggi dapat mencegah makan berlebih.

 

Bromelain

Manfaat nanas untuk menurunkan berat badan salah satunya karena kandungan Bromelain. Bromelain adalah enzim yang hanya ditemukan pada nanas (beberapa menyebutnya sebagai ‘ekstrak nanas’) dan diklaim efektif untuk mengurangi peradangan dan membantu pencernaan. Kedua proses ini dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Niacin (Vitamin B3)

Niacin juga dikenal sebagai vitamin B3 adalah senyawa organik yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Ini adalah kebutuhan dasar saat ingin menurunkan berat badan. Setiap makanan yang tidak dibakar untuk menjadi energi atau digunakan untuk memperbaiki sel yang rusak tersimpan dalam tubuh sebagai kelebihan lemak. Dengan mengonsumsi makanan dengan niacin, seseorang dapat meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk membakar makanan sebagai energi.

Menurut Institute of Medicine, wanita harus mengkonsumsi 14 mg niacin per hari, dan pria harus mengkonsumsi 16 mg. Anak-anak di bawah usia 8 tahun sebaiknya mengkonsumsi tidak lebih dari 8 mg per hari. 100 g nanas mengandung niasin 0,5 mg. Ingat bahwa keseluruhan nanas sekitar 900 g, memakan nanas adalah cara yang baik untuk meningkatkan kadar niacin tanpa menyebabkan konsumsi berlebihan.

 

Tiamin (Vitamin B1)

Tiamin, atau vitamin B1, adalah senyawa yang bermanfaat untuk mengubah karbohidrat dan gula menjadi energi. Ini bagus untuk menurunkan berat badan karena kelebihan gula yang tidak bisa dibakar karena energi disimpan sebagai lemak. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tiamin, tubuh lebih siap untuk menggunakan gula sebagai energi, yang mengurangi berapa banyak kelebihan yang harus disimpan sebagai lemak.

Peningkatan serapan tiamin telah ditemukan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada individu yang menderita Diabetes Tipe 2 (Keogh et al, 2012). 100 g nanas mengandung 5% RDA tiamin, sehingga mengkonsumsi setengah nanas adalah cara yang baik untuk meningkatkan kadar tiamin.

 

 

Hal yang harus diperhatikan

Jelas bahwa nanas adalah produk hebat untuk ditambahkan ke menu makanan anda, terutama bila ingin menurunkan berat badan. Penting untuk diingat bahwa ada efek samping pada setiap produk makanan.

Nanas cukup tinggi gula, terutama bila dalam bentuk kaleng atau kering. Kelebihan gula bisa menyebabkan kenaikan berat badan melalui penyimpanan lemak dan makan berlebih, tapi juga bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gusi. Nanas juga sangat asam dan bisa menimbulkan masalah bagi orang yang memiliki sakit maag.

Bromelain dalam nanas dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau bahkan menyakitkan di mulut setelah makan. Ini karena bromelain adalah enzim yang mencerna protein, termasuk yang ditemukan di mulut.

Nanas mentah bisa sangat beracun bagi manusia, jadi penting untuk memastikan bahwa hanya memakan buah nanas yang sudah matang. Nanas belum matang yang dipetik dan disimpan di dalam rumah selama beberapa hari agar matang tidak akan membantu.

Pastikan membeli nanas matang dengan melihat warna kulit (sebagian besar harus berwarna emas keemasan daripada berwarna hijau) dan beraroma harum. Jika nanas tidak memiliki aroma itu mungkin terlalu kecil dan belum matang. Selanjutnya, jika saat meremas buah terasa sangat kencang, maka buah tersebut belum cukup matang untuk dimakan.

 

Itulah beberapa Manfaat Nanas untuk Menurunkan Berat Badan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Baca juga artikel berikut: Badan langsing ideal tanpa diet dan olahraga.

 


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 pemikiran di “Manfaat Nanas untuk Menurunkan Berat Badan