Download/print this article in PDF format

Banyak Orang Tidak Sadar Keringat Berbau, Ayo Antisipasi dengan Tips Ini!


Manusia akan berkeringat sebagai bentuk respirasi tubuhnya. Keringat identik muncul ketika seseorang melakukan banyak gerak atau aktivitas berat, juga ketika dalam cuaca panas. Selain itu, keringat juga identik dengan hal yang membuat tubuh seseorang mengeluarkan aroma tak sedap alias bau badan.

Pada dasarnya, hal yang menjadikan keringat berubah menjadi bau tak enak adalah ketika keringat tersebut bercampur dengan bakteri. Seseorang yang tidak sedang banyak berkeringat juga sebetulnya tetap bisa mengeluarkan bau badan. Dan sebaliknya, ketika seseorang tengah berkeringat, kondisi tersebut bisa pula tak disertai dengan bau badan.

Masalah yang terpelik adalah ketika seseorang tak menyadari bahwa ia bau badan, sebab tidak adanya keringat berlebih yang menengarai. Namun, hal ini tentu saja amat mengganggu bagi orang lain. Bahkan, hal tersebut dapat menurunkan citra dan pesona dari seseorang.

 

keringat

Antisipasi Keringat Berbau

Meski dalam posisi normal kita tidak mencium bau dari tubuh kita, memungkinkan bahwa orang lain lebih menyadarinya. Cara untuk mengecek apakah tubuh kita berbau adalah dengan mengendusnya dari jarak dekat. Dan demi menjaga agar bau badan tak selalu menghantui, tips berikut dapat diterapkan untuk menyelamatkan anda.

 

Mandi dua kali sehari

Di negara beriklim tropis seperti di Indonesia ini, mandi dua kali dalam sehari tentu menjadi hal yang wajar, terlebih jika orang-orangnya banyak melakukan aktivitas fisik yang mengundang banjir keringat. Dengan membersihkan diri lewat mandi, otomatis seseorang akan membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel di tubuhnya. Gunakan sabun yang mengandung antibakteri dan gosok dengan intensif bagian kulit yang biasa mengeluarkan keringat khususnya ketiak, punggung, belakang lutut dan sela-sela jari kaki.

 

Gunakan deodoran

Jika anda menyadari bahwa keringat anda sering berbau, maka tak ada alasan untuk tidak menggunakan produk deodoran atau yang sejenisnya. Selain menghilangkan bakteri pada kulit ketiak yang menimbulkan bau, produk ini juga dapat mencegah pengeluaran keringat secara berlebihan. Pastikan untuk memilih produk berkualitas yang sesuai dengan kulit anda.

 

Perhatikan kebersihan pakaian

Selain kebersihan tubuh, kebersihan pakaian juga penting untuk diperhatikan agar tak menimbulkan bau. Pastikan untuk mencuci baju secara rutin menggunakan detergen yang baik, serta selalu mengganti pakaian yang kotor atau basah oleh keringat, meskipun baru digunakan beberapa jam saja.

 

Banyak mengonsumsi buah dan sayur

Terima atau tidak, bau badan yang anda keluarkan juga bisa dipicu oleh apa yang anda makan. Banyak mengonsumsi buah dan sayur dipercaya dapat mengurangi bau badan yang dikeluarkan. Salah satu jenis yang sudah lama dipercaya mampu mengatasi bau badan dan bau mulut ialah daun kemangi yang dimakan mentah. Namun sebelum anda memutuskan untuk memakan buah dan sayur dalam keadaan mentah, pastikan untuk mencucinya sampai bersih terlebih dahulu.

 

Perbanyak minum air putih

Selain menjaga keseimbangan metabolisme, membuat tubuh tetap terhidrasi dengan meminum banyak air putih dapat mengarahkan proses detoksifikasi lewat saluran kencing. Hal ini diyakini dapat mengurangi resiko bau badan. Meminum teh herbal yang tidak mengandung kafein secara rutin setiap hari juga bisa dipertimbangkan.

 

Baca artikel lainnya: rahasia pola makan untuk tubuh langsing alami tanpa efek samping

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *