Download/print this article in PDF format

Sudah Yakin Skincaremu Aman? Efek Samping Produk Kecantikan Abal-abal Amat Mengerikan, Loh!


Perawatan kulit menjadi salah satu kebutuhan utama para wanita. Tampil cantik dan menarik sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus diwujudkan oleh tiap-tiap individu. Inilah yang membuat produsen kosmetik dan produk kecantikan kulit terus mengembangkan bisnisnya bahkan bertambah pula jumlahnya. Semakin banyak produk yang beredar dipasaran maka makin banyak pilihan yang dapat dipilih oleh kaum hawa. Yang perlu diperhatikan adalah efek samping produk kecantikan abal-abal.

Manisnya bisnis kosmetik dan produk perawatan kecantikan juga dilirik oleh pihak-pihak nakal yang tak begitu memahami ilmu dermatologi dan hanya peduli materi. Selain memalsukan produk-produk yang laris di pasaran, mereka juga menciptakan produk mereka sendiri dari bahan-bahan yang tak layak dipakai untuk kulit wajah.

Produk-produk tersebut, atau yang kita namai produk abal-abal, memiliki ciri yang beragam. Orientasi manfaatnya adalah membuat wajah putih secara instan atau mengatasi jerawat, karena memang dua khasiat tersebut yang paling diburu di pasaran. Bentuknya pun beragam, dari yang berwujud krim siang dan krim malam berikut sabun yang dijual sepaket, serta yang berupa krim jelly berwarna-warni. Produk-produk ini tidak terdaftar BPOM RI dan sebagian memalsukan nomor izin edarnya. Ada yang menjual dengan harga murah, dan tak sedikit pula yang dibandrol dengan harga tinggi.

Bila anda tak berhati-hati, ada bahaya yang menanti anda. Penggunaan produk abal-abal ini memang banyak memberikan hasil instan, namun ada harga yang harus anda bayar. Berikut ini adalah efek samping dari penggunaannya bila anda lalai atau masih nekat.

Efek Samping Produk Kecantikan

Efek Samping Produk Kecantikan Abal-abal

Jerawat atau bruntusan

Karena tidak didesain sebagai bahan yang cocok untuk kulit. Menurut dermatologis, kandungan dari produk abal-abal bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit sehingga memunculkan jerawat pada kulit wajah. Tak hanya satu – dua biji, jerawat yang tumbuh bisa bergerombol atau lebih dikenal dengan bruntusan. Distributor dari produk ini akan menyangkal bahwa situasi tersebut merupakan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun oleh kulit, yang sebenarnya justru merupakan penanaman racun dalam kulit.

Peradangan, bengkak dan sakit kepala

Selain menimbulkan jerawat, bahan kimia berbahaya yang diterapkan pada kulit juga mampu menimbulkan gejala berupa radang dan bengkak pada wajah, serta sakit kepala. Efek seperti ini sama sekali bukanlah bentuk dari proses detoksifikasi, apalagi bila sampai diiring sakit kepala.  Jadi, berhati-hatilah bila reaksi ini sampai terjadi.

Ketergantungan

Bila efek di atas tidak muncul karena ketahanan kulit dan justru anda merasa bahwa kondisi kulit membaik, perhatikan apakah bila penggunaannya dihentikan hasilnya tetap bertahan alias permanen. Sebagian produk abal-abal akan ‘mengikat’ anda untuk terus menggunakannya jika tak ingin kondisi wajah memburuk. Ya, produk ini memaksa anda untuk terus mengaplikasikan racun berbahayanya dalam kulit atau jika tidak, wajah akan bereaksi macam-macam seperti timbul jerawat, bengkak, memar, dan sebagainya.

Kulit menipis

Efek memutihkan atau menghaluskan kulit yang instan dari penggunaan krim abal-abal adalah sebab bahan kimia berbahayanya mengikis lapisan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tampak bersih dan halus, namun akan mudah memerah dan terasa terbakar bila terkena paparan sinar matahari.

Gangguan ginjal dan penyakit serius

Bahan kimia berbahaya dari produk abal-abal mengandung logam yang akan membahayakan tubuh bila sampai terserap dan mengendap. Berbagai penyakit serius bisa menyerang tubuh anda sebagai efek jangka panjang bila pemakaian produk tersebut diteruskan.

 

Itulah tadi efek samping produk kecantikan yang dapat timbul jika anda menggunakan sembarang produk. Bijaklah dalam memilih dan lebih baik konsultasikan dengan pakar kecantikan terlebih dahulu sebelum menggunakan. Karena setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda dan tidak semua produk cocok untuk anda. Baca artikel terkait lainnya: penyebab pipi tembem

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *